Senin, 06 Maret 2017

Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan - Popaye & olive dua kartun tersebut mungkin telah tak asing lagi di telinga kita. Postingan kali ini bakal membahas mengenai makanan pavorit popaye yakni Sayur bayam. Sayur bayam(Amaranthus spp) merupakan tumbuhan yg umum ditanam buat dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan tersebut berasal dari Amerika tropik tapi sekarang tersebar menuju seluruh dunia.  Tanaman yg umum dimasak ibu ibu dirumah sebagai menu utama buat  konsumsi atau sekedar campuran saja tersebut telah terkenal kandungan jat besinya (selain sebab popaye pun hehehehe).  Pantas saja bila sayur bayam dijadikan ikon sumber kekuatan dalam pilm kartun ini. Tapi sayur bayam pun bakal berbahaya bila Dalam proses penyimpanan di lemari es tak diperhatikan. &  Mengapa sayur bayam tak dapat dipanaskan bila telah dimasak?? Berikut jawabannya.
Ahli Kesehatan Desyifa

Sayur bayam memiliki kandungan jat besi yg berupa Pe2+ (perro), bilalau sayur bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Pe2+ di sayur bayam bakal teroksidasi jadi Pe3+ (perri). Meski sama-sama jat besi, yg berkhasiat buat manusia ialah perro, lain halnya dengan perri yg bersipat racun. Jadi tidak boleh sekali-sekali buat memanaskan sayur sayur bayam yg telah melalui proses pemasakkan dalam bentuk makanan.Alangkah baiknya juga, anda mesti segera mengonsumsi sayur bayam sesaat sesudah diolah, lebih baik jauhi pun mengonsumsi sayur bayam yg telah lebih dari 5 jam di atas meja makan, sebab selain memiliki kandungan jat perri yg tadi disebutkan di atas, sayur bayam ini pun bisa memiliki kandungan jat nitrat (NO3) yg bila teroksidasi dengan udara pun bakal jadi NO2 (nitrit) yg bersipat senyawa tak berwarna, tak berbau & bersipat racun.

Dalam proses penyimpanan di lemari es juga mesti diperhatikan, sebab semakin lama sayur bayam disimpan didalam lemari es, senyawa nitrit juga bakal terus meningkat kadarnya. Epek racun di nitrit memunculkan reaksi dengan jat besi dalam sel darah merah tepatnya di hemoglobin. Ikatan nitrit dengan hemoglobin disebut Methemoglobin yg menyebabkan hemoglobin tak bisa  mengikat oksigen. Bila jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15persen dari total hemoglobin, konsumsi bakal terjadi Sianosis yg artinya kondisi dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen.



Kandungan Giji Sayur bayam

Tapi terlepas dari perkara diatas anda bakal membahas pun mengapa Tokoh kartun Popeye sungguh menyukai jenis sayuran ini. Katanya, sayuran hijau tersebut bisa  memberikan energy ekstra di tubuhnya saat bertarung dengan Brutus. Tak hanya popeye, sayur bayam pun sungguh baik dikonsumsi untuk anda . Selain menambah energy, terdapat banyak khasiat lain yg dapat anda nikmati dari sayur bayam.
Dalam 100 g Sayur bayam ada :


  • Energy              36   kal
  • Protein             3,5  g
  • Lemak             0,5  g
  • Karbohidrat    6,5  g
  • Serat               0,8  g
  • Kalsium         267    mg
  • Pospor            67   mg
  • Besi               3,9 mg
  • Vit. A     6.090   IU
  • Vit. B1   0,08 mg
  • Vit. C     80     mg
  • Air                86,9   g


Khasiat Sayur bayam untuk Tubuh


  1. Melawan Sel Kanker
    Vit. A & C dan serat, asam polat & 13 plavonoid dalam sayur bayam sungguh berkhasiat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan ini di sayur bayam menurunkan resiko kanker sebesar 34persen apalagi di kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit & kanker perut.
  2. Sumber Anti-inplamasi
    Sayur bayam memiliki kandungan sipat alkalinitas yg kaya sehingga membuat sayur tersebut pilihan yg sempurna untuk pengidap penyakit inplamasi, seperti rheumatoid arthritis & osteoarthritis.
  3. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular
    Sayur bayam merupakan sumber polat yg baik, yg bisa menurunkan homosistein, asam amino yg ditemukan dalam darah. Tingginya taraf homosistein dalam darah mengakibatkan tingginya resiko penyakit jantung. Sayur bayam pun memiliki kandungan choline & inositol, yg membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Sayur bayam tinggi bakal kalium & rendah sodium. taraf mineral yg seimbang tersebut sungguh berkhasiat untuk penderita dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, polat dalam sayur bayam pun bisa membantu menurunkan hipertensi & melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.
  5. Mencegah Osteoporosis
    Secangkir daun sayur bayam segar memenuhi 200persen kebutukan nilai harian bakal Vit. K. Vitamin tersebut amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga & pospor dalam sayur bayam pun membantu penguatan tulang.
  6. Mencegah Diabetes
    Sayur bayam sungguh bermanfaat untuk orang yg mengidap diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam sayur bayam membantu buat mencegah komplikasi yg terjadi sesudah diabetes. makan rutin sayur bayam membantu menstabilkan gula darah & mencegah dari berpluktuasi terlalu banyak.
  7. Mencegah Anemia
    Sayur bayam ialah sumber jat besi yg dibutuhkan dalam mencegah anemia. Jat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yg membawa oksigen menuju seluruh bagian tubuh.
  8. Menaikan kualitas penglihatan
    Sayur bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yg dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Sayur bayam pun tinggi bakal Vit. A, yg membuatnya sungguh berkhasiat buat penglihatan.
  9. Mengatasi Pendarahan Gusi
    Campuran sayur bayam & juice wortel sungguh membantu dalam mengatasi gusi berdarah yg diakibatkan oleh kekurangan Vit. C & asupan terlalu banyak gula halus.

Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Apa Manfaat Bayam Untuk Kesehatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar